Thursday 30 May 2019

50 Makanan Sehat Yang Direkomendasikan Untuk Dikonsumsi






Makan sehat tidak harus membosankan. Ada sejumlah besar makanan di luar sana yang sehat dan enak.

Berikut adalah 50 makanan sehat luar biasa. Kebanyakan dari sangat lezat.

1-6: Buah dan Berry
Buah dan beri adalah makanan kesehatan paling populer di dunia.

Ini tidak mengherankan, mengingat rasanya yang luar biasa. Buah-buahan juga sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan, karena mereka memerlukan sedikit persiapan.

1. Apel
Apel kaya akan serat, vitamin C dan banyak antioksidan. Apel sangat memuaskan, dan sempurna sebagai makanan ringan jika Anda merasa lapar di antara waktu makan.

2. Alpukat
Alpukat berbeda dari kebanyakan buah-buahan, karena mereka kaya dengan lemak sehat, bukan karbohidrat. Mereka krim, enak dan tinggi serat, kalium dan vitamin C.

3. Pisang
Pisang adalah salah satu sumber kalium terbaik di dunia. Mereka juga tinggi vitamin B6 dan serat. Pisang sangat nyaman dan portabel.

4. Blueberry
Blueberry tidak hanya lezat, tetapi juga di antara sumber antioksidan paling kuat di dunia.
5. Jeruk
Jeruk terkenal karena kandungan vitamin C-nya. Mereka juga tinggi serat, antioksidan dan rasanya luar biasa.

6. Stroberi
Stroberi sangat bergizi, dan rendah karbohidrat dan kalori.
Mereka sarat dengan vitamin C, serat dan mangan, dan bisa dibilang di antara makanan paling enak yang ada.
Buah Sehat Lainnya

Ada banyak buah dan buah sehat lainnya yang tidak tercantum di sini.
Beberapa contoh: Ceri, anggur, kiwi, lemon, mangga, melon, zaitun,  pir, nanas, prem, dan rasberi.

7. Telur
Telur adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini.
Mereka sebelumnya dianggap jahat karena kolesterol tinggi, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa mereka sangat aman dan sehat

8-10: Daging
Adalah mitos bahwa semua daging berbahaya. Daging yang tidak diproses dan dimasak dengan lembut adalah salah satu makanan paling sehat dan bergizi yang bisa Anda makan.

8. Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber protein terbaik yang ada, dan sarat dengan zat besi yang sangat tersedia secara hayati. Memilih potongan lemak baik-baik saja jika Anda sedang diet rendah karbohidrat.

9. Dada Ayam
Dada ayam rendah lemak dan kalori, tetapi sangat tinggi protein. Ini adalah sumber nutrisi yang bagus. Sekali lagi, silakan makan potongan ayam yang lebih gemuk jika Anda tidak makan karbohidrat sebanyak itu.

10. Domba
Anak domba biasanya diberi makan rumput, dan dagingnya cenderung tinggi asam lemak Omega-3.

11-16: Kacang, Biji dan Kacang Tanah
Meskipun tinggi lemak dan kalori, penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Makanan-makanan ini renyah, memenuhi dan sarat dengan nutrisi penting yang banyak orang tidak dapatkan, termasuk magnesium dan vitamin E.

Mereka juga memerlukan persiapan nol, yang penting karena membuatnya lebih mudah untuk memasukkan mereka ke dalam makanan.

11. Almond
Kacang almond adalah jenis kacang yang populer. Itu sarat dengan vitamin E, antioksidan, magnesium dan serat. Studi menunjukkan bahwa almond dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan memberikan manfaat yang mengesankan bagi kesehatan metabolisme (5Trusted Source).

12. Biji Chia
Biji chia adalah salah satu makanan padat nutrisi di planet ini. Satu ons (28 gram) mengandung 11 gram serat, dan sebagian besar asupan yang disarankan untuk magnesium, mangan, kalsium dan berbagai nutrisi lainnya.

13. Kelapa
Kelapa mengandung serat dan asam lemak kuat yang disebut trigliserida rantai sedang.

14. Kacang Macadamia
Kacang macadamia sangat enak. Mereka jauh lebih tinggi dalam lemak tak jenuh tunggal, dan lebih rendah asam lemak Omega-6, daripada kebanyakan kacang lainnya.

15. Kenari
Kacang kenari sangat bergizi dan sarat dengan serat dan segala macam vitamin dan mineral.

16. Kacang tanah
Kacang tanah (secara teknis kacang-kacangan, bukan kacang-kacangan) sangat lezat dan kaya nutrisi dan antioksidan. Beberapa studi menunjukkan bahwa kacang tanah dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Namun, tenang saja dengan selai kacang. Ini sangat tinggi kalori dan sangat mudah dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

17-26: Sayuran
Kalori untuk kalori, sayuran adalah salah satu sumber nutrisi terkonsentrasi di dunia. Ada berbagai macam tersedia, dan yang terbaik adalah makan berbagai jenis sayuran setiap hari.

17. Asparagus
Asparagus adalah sayuran yang populer. Ini rendah karbohidrat dan kalori, tetapi sarat dengan vitamin K.

18. Bell Peppers
Paprika hadir dalam beberapa warna, termasuk merah, kuning, dan hijau. Mereka renyah dan rasanya sangat manis, dan merupakan sumber antioksidan dan vitamin C.

19. Brokoli
Brokoli adalah sayuran silangan yang rasanya enak mentah dan dimasak. Ini adalah sumber serat, vitamin K dan vitamin C yang sangat baik, dan mengandung jumlah protein yang layak dibandingkan sayuran lainnya.

20. Wortel
Wortel adalah sayuran akar yang populer. Ini sangat lezat dan renyah, dan sarat dengan nutrisi seperti serat dan vitamin K. Wortel juga sangat tinggi antioksidan karoten, yang memiliki banyak manfaat.

21. Kembang kol
Kembang kol adalah sayuran yang sangat serbaguna. Dapat digunakan untuk membuat segala macam resep sehat, dan rasanya juga cukup enak.

22. Mentimun
Mentimun adalah salah satu sayuran paling populer di dunia. Karbohidrat dan kalori sangat rendah, dan sebagian besar terdiri dari air. Namun, itu memang mengandung sejumlah nutrisi dalam jumlah kecil, termasuk vitamin K.

23. Bawang putih
Bawang putih sangat sehat. Ini mengandung allicin, senyawa bioaktif dengan efek biologis yang kuat, termasuk peningkatan fungsi kekebalan tubuh (8Trusted Source).

24. Kale
Kale telah sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, untuk alasan yang bagus. Ini sangat tinggi vitamin K, vitamin C, serat dan sejumlah nutrisi lainnya. Sangat cocok untuk menambahkan crunch yang memuaskan ke salad dan resep.

25. Bawang
Bawang memiliki rasa yang sangat kuat, dan sangat populer untuk digunakan dalam resep. Mereka mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memiliki manfaat kesehatan.

26. Tomat
omat biasanya dikategorikan sebagai sayuran, meskipun secara teknis buah. Mereka lezat dan sarat dengan nutrisi seperti kalium dan vitamin C.

Sayuran Lebih Sehat Ini tidak terdaftar, tetapi juga sangat sehat: Artichoke, kubis Brussel, kubis, seledri, terong, daun bawang, selada, jamur, lobak, labu, swiss chard, lobak, zucchini.

27-32: Ikan dan Makanan Laut
Ikan dan makanan laut lainnya cenderung sangat sehat dan bergizi. Mereka terutama kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium, dua nutrisi yang kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan makanan paling banyak dari laut (terutama ikan) cenderung hidup lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah dari banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, demensia dan depresi.

27. Salmon
Salmon adalah jenis ikan berminyak yang sangat populer karena rasanya yang enak dan jumlah nutrisi yang tinggi, termasuk protein dan asam lemak Omega-3. Ini juga mengandung beberapa vitamin D.

28. Sarden
Sarden adalah ikan kecil dan berminyak yang termasuk makanan paling bergizi yang bisa Anda makan. Mereka mengandung sejumlah besar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

29. Kerang
Kerang tidak terlalu sering dimakan, yang memalukan karena mengandung lebih banyak nutrisi daripada hampir semua makanan lainnya. Ini peringkatnya mirip dengan daging organ ketika datang ke kepadatan nutrisi. Kerang yang bisa dimakan termasuk kerang, moluska dan tiram.

30. Udang
Udang adalah jenis hewan yang ditemukan di laut. Itu cenderung rendah lemak dan kalori, tetapi tinggi protein. Ini juga sarat dengan berbagai nutrisi lain, termasuk selenium dan vitamin B12.

31. Trout
Trout adalah jenis lain dari ikan berminyak yang lezat, mirip dengan salmon.

32. Tuna
Tuna sangat populer di negara-negara Barat, dan cenderung rendah lemak dan kalori, tetapi tinggi protein. Ini adalah orang yang sempurna yang perlu menambahkan lebih banyak protein ke dalam diet mereka, sambil menjaga kalori tetap rendah.

33-35: Biji-bijian
Biji-bijian telah mendapatkan rap buruk dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena mereka menjadi makanan terlarang pada diet paleo yang sangat populer.

Namun, merupakan kesalahan untuk menyatukan semua butir. Ada berbagai jenis biji-bijian, dan beberapa di antaranya sangat sehat.

Hanya perlu diingat bahwa karbohidrat mereka masih cukup tinggi, sehingga mereka tidak direkomendasikan untuk diet rendah karbohidrat.

33. Nasi Merah
Beras adalah salah satu biji-bijian sereal tertua, dan saat ini menjadi makanan pokok bagi lebih dari setengah orang di dunia. Beras coklat (gandum utuh) cukup bergizi, dengan jumlah serat, vitamin B1 dan magnesium yang cukup.

34. Oat
Oat sangat sehat. Mereka sarat dengan nutrisi, dan juga mengandung serat kuat yang disebut beta-glukan, terbukti memiliki banyak manfaat.

35. Quinoa
Quinoa telah menjadi sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Ini adalah biji-bijian lezat yang kaya nutrisi seperti serat dan magnesium. Ini juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

36-37: Roti
Kebanyakan orang makan banyak roti.

Bagi mereka yang mencoba menerapkan pola makan yang lebih sehat untuk pertama kalinya, akan sangat sulit untuk menemukan sesuatu untuk dimakan daripada roti.

Untungnya, ada beberapa pilihan sehat (atau setidaknya "kurang buruk") yang tersedia.

36. Bread Yehezkiel
Roti Yehezkiel mungkin roti paling sehat yang bisa Anda beli di toko. Itu terbuat dari organik, biji-bijian utuh tumbuh, dan juga mengandung beberapa jenis kacang-kacangan.

37. Roti Rendah Karbohidrat Buatan Rumah
Pilihan teraman untuk roti sehat adalah sesuatu yang Anda buat sendiri. Berikut adalah daftar 15 resep roti sehat yang bebas gluten dan rendah karbohidrat.

38-40: Legum
Legum adalah kelompok makanan lain yang telah didemonstrasikan secara tidak adil dalam beberapa tahun terakhir.

Memang benar bahwa kacang-kacangan mengandung anti-nutrisi, zat yang dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Namun, anti-nutrisi ini dapat dihilangkan dengan merendam dan menyiapkan legum dengan benar sebelum memakannya

Yang tersisa adalah sumber nutrisi berkualitas luar biasa murah, termasuk sumber protein nabati yang hebat.

38. Kacang Hijau

Kacang hijau, juga disebut kacang panjang, adalah varietas mentah dari kacang biasa. Mereka sangat populer di negara-negara Barat.

39. Kacang Ginjal
Kacang merah mengandung banyak vitamin dan mineral, dan sangat tinggi seratnya. Pastikan untuk memasaknya dengan benar, karena mereka beracun saat mentah.

40. Lentil
Lentil adalah legum populer lainnya. Mereka tinggi serat dan merupakan sumber protein nabati terbaik. Lentil juga rasanya enak, dan memiliki tekstur yang sangat memuaskan.

41-43: Produk Susu
Banyak orang tidak bisa mentolerir produk susu.

Namun, bagi orang yang menoleransi mereka, mereka adalah sumber sehat berbagai nutrisi penting.

Produk susu berlemak penuh tampaknya menjadi yang terbaik, dan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi produk susu berlemak penuh memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas dan diabetes tipe 2

Jika susu berasal dari sapi yang diberi makan rumput, maka itu mungkin lebih baik, karena lebih tinggi pada beberapa asam lemak bioaktif seperti CLA.

41. Keju
Keju sangat bergizi, dan satu irisan saja mengandung nutrisi yang sama dengan segelas susu. Bagi banyak orang, ini juga salah satu makanan paling enak yang bisa Anda makan.

42. Susu murni
Susu murni mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas tinggi, dan lemak sehat. Ini adalah salah satu sumber kalsium terbaik.

43. Yogurt
Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dengan menambahkan bakteri hidup ke dalamnya. Ini memiliki banyak efek kesehatan yang sama seperti susu, kecuali dengan manfaat tambahan dari bakteri probiotik yang ramah.

44. Mentega dari Sapi Rumput-Fed
Mentega dari sapi yang diberi makan rumput tinggi dalam banyak nutrisi penting, termasuk vitamin K2 yang sangat penting.

45. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lemak kuat yang disebut trigliserida rantai sedang. Minyak kelapa mungkin memiliki manfaat untuk penyakit Alzheimer, dan telah terbukti membantu Anda menghilangkan lemak perut.

46. Minyak Zaitun Extra Virgin
Minyak zaitun extra virgin adalah lemak tersehat di dunia. Ini mengandung lemak tak jenuh tunggal sehat jantung, dan sangat tinggi antioksidan dengan manfaat kesehatan yang kuat.

47-48: Umbi Umbi
Umbi adalah organ penyimpanan beberapa tanaman. Mereka cenderung mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat.

47. Kentang
Kentang adalah makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Mereka mengandung kalium, dan mengandung sedikit hampir setiap nutrisi yang kita butuhkan, termasuk vitamin C.

Mereka juga sangat memuaskan. Satu studi menemukan bahwa kentang rebus sejauh ini paling banyak mengisi 38 makanan yang diuji (17Trusted Source).

48. Ubi Jalar
Ubi jalar adalah salah satu makanan bertepung paling enak yang bisa Anda makan. Mereka sarat dengan antioksidan dan segala macam nutrisi sehat.

49. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel sangat populer di komunitas kesehatan alami. Studi menunjukkan bahwa itu dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menyebabkan penurunan berat badan sederhana
Ini bagus untuk digunakan dalam saus salad, dan untuk menambah rasa makanan.

50. Dark Chocolate
Tidak hanya dark chocolate, makanan yang paling enak di daftar ini, tetapi juga yang paling sehat. Coklat hitam mengandung magnesium, dan merupakan salah satu sumber antioksidan paling kuat yang ada

Previous Post
Next Post

0 comments: