Tuesday 5 February 2019

Manfaat Teknologi Dalam Dunia Pendidikan | Guru | Siswa | Mutu Pendidikan




Pada dasarnya teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Saat ini teknologi sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Bahkan teknologi sudah digunakan di semua segi kehidupan manusia, seperti di dalam bidang pengobatan, komunikasi, militer, transportasi dan pendidikan. Dari berbagai bidang tersebut, Pemanfaatan teknologi di dalam dunia pendidikan masih sangat terbatas. Yang terjadi di lapangan adalah tehnologi lebih banyak dimanfaatkan di dalam bidang hiburan. pemanfaatan ini malah akan menimbulkan banyak masalah-masalah seperti penyalahgunaan teknologi dan membahayakan bagi kesehatan. Padahal jika diimplementasikan di dalam dunia pendidikan, teknologi bisa membantu dan mempercepat tujuan pendidikan. Berikut adalah beberapa manfaat penerapan teknologi dalam dunia pendidikan.

Teknologi Dapat Membantu Guru dalam Proses Belajar-mengajar
Teknologi bisa menjadi alat bantu bagi guru untuk menyampaikan bahan ajar mereka kepada para siswa. Dengan menggunakan teknologi dalam proses belajar, Tentunya guru bisa menyampaikan materi dengan sangat mudah dan efektif.  Guru yang mengajar dengan menggunakan tekhnologi biasanya akan lebih mudah mencapai tujuan pembelajarannya.

Teknologi Memicu Kreatifitas Guru dalam Mengajar
Teknologi bisa menciptakan daya kreatifitas Guru. mereka bisa lebih kreatif dalam menciptakan metode dalam mengajar. dengan adanya teknologi mereka akan terpacu untuk berkreasi karena tekhnologi hanyalah sebuah alat yang memerlukan seseorang untuk mengoperasikannya. tanpa guru, teknologi tidak bisa berdampak secara maksimal dalam dunia pendidikan.

Tekhnologi Membantu Siswa Belajar
Implementasi teknologi dalam proses belajar-mengajar akan membuat siswa lebih tertarik mengikuti pelajaran. Jika siswa sudah tertarik dengan apa yang guru akan ajarkan, maka tidak perlu lagi bagi mereka untuk meminta siswanya serius dalam belajar. Siswa akan lebih aktif dan tidak akan merasa bosan akibat belajar.

Teknologi Menciptakan Kegiatan Belajar Yang Mengasyikkan
Dengan adanya teknologi guru bisa menciptakan suasana belajar yang menarik. Hal ini sangat bagus untuk memicu daya paham para murid agar mereka cepat memahami apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu, Para murid juga tidak akan cepat merasa bosan karena mereka akan senang untuk belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Hal ini sangat baik karena bisa mendongkrak nilai para murid dalam beberapa mata pelajaran yang biasanya dianggap susah seperti matematika, bahasa Inggris, dan lain-lain.

Memudahkan Siswa Mencari Sumber Belajar
Teknologi informasi khusunya internet menyediakan berbagai macam sumber belajar yang bisa diakses oleh siswa kapanpun dan dimanapun. Mereka bisa mendapatkan semua referensi yang mereka butuhkan secara gratis. semakin banyak mereka belajar dari sumber yang berebeda-beda, semakin pandai siswa tersebut.

Tekhnologi Bisa Menaikan Standar Sekolah
sekolah yang menggunakan teknologi dalam proses mengajar akan meningkatkan mutu sekolah tersebut. tentunya sekolah yang bermutu akan menjadi sekolah favorite dan menjadi tujuan bagi siswa untuk bersekolah di sekolah tersebut.

Teknologi Menjadikan Siswa Memiliki Wawasan Luas
Siswa yang memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar akan memiliki wawasan yang luas. mereka bisa mendapatkan informasi atau perkembangan dunia terbaru dengan cepat. bahkan mereka bisa aktif di dalam forum-forum komunikasi internasional yang bisa melatih diri mereka menjadi siswa yang proaktif.

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa tekhnologi sangat bermanfaat di dalam dunia pendidiakan baik untuk guru, siswa maupun sekolah. oleh karena itu para praktisi pendidikan hendaknya menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan supaya dapat menghasilkan siswa yang mampu bersaing di tingkat lokal maupun nasional bahkan internasional.


Previous Post
Next Post

0 comments: