Sunday 23 June 2019

Otak Manusia - BlogKu



 
Otak manusia adalah organ yang sangat kuat. Ini mengontrol semua bagian tubuh dan memungkinkan Anda untuk berpikir, merasakan, menggerakkan lengan dan kaki Anda dan membantu Anda tetap sehat.

Otak terlihat seperti spons merah muda dan terdiri dari massa sel-sel saraf. Itu dilindungi oleh tengkorak. Otak orang dewasa memiliki berat sekitar 1,5 kilogram.

Bagian Utama Otak
Otak besar

Bagian terbesar otak adalah otak. Itu membuat sekitar 85% dari berat otak. Permukaannya memiliki banyak kerutan dan retakan. Otak adalah bagian berpikir dari otak. Ini mengontrol otot-otot Anda dan membuat mereka bergerak ketika Anda menginginkannya.

Ketika Anda berpikir keras, cobalah untuk memecahkan masalah matematika atau menggambar gambar yang Anda gunakan otak Anda. Ini juga merupakan area yang menyimpan memori Anda.

Otak besar memiliki dua bagian. Beberapa ilmuwan berpikir bahwa setengah yang tepat membantu Anda berpikir tentang hal-hal seperti musik, warna, atau bentuk. Setengah bagian kiri membantu Anda berpikir secara logis dan mengendalikan ucapan Anda. Setengah kanan otak mengontrol bagian kiri tubuh Anda dan setengah kiri mengontrol sisi kanan.

Bagian Otak Serebelum

Otak kecil jauh lebih kecil daripada otak kecil dan duduk di belakang otak. Ini sangat penting karena mengontrol keseimbangan, gerakan, dan cara otot Anda bekerja bersama.

Ini memungkinkan Anda untuk berdiri di atas kaki Anda tanpa jatuh ke bawah atau membiarkan Anda menyeimbangkan berat badan Anda di atas ombak - atau papan luncur salju.
 
Batang Otak

Batang otak berada di bawah otak kecil dan di depan otak kecil. Ini menghubungkan otak ke sumsum tulang belakang Anda. Bagian otak ini mengontrol fungsi yang dibutuhkan tubuh Anda agar tetap hidup dan ia bertanggung jawab atas hal-hal yang terjadi secara otomatis. Pernapasan, suhu tubuh, rasa sakit, lapar dan detak jantung semua dikelola oleh batang otak.

Ini memberitahu jantung Anda untuk memompa lebih banyak darah ketika Anda jogging dan membutuhkan lebih banyak oksigen, atau memberitahu perut Anda untuk mencerna makanan yang Anda makan. Ini mengirim pesan bolak-balik antara otak Anda dan organ tubuh Anda lainnya.


Sistem Saraf

Otak terdiri dari jutaan dan jutaan sel saraf yang disebut neuron. Hampir semua dari mereka ada ketika Anda dilahirkan tetapi mereka tidak terhubung satu sama lain. Ketika Anda belajar hal-hal sebagai seorang anak otak mulai membuat jalur antara neuron. Seiring berjalannya waktu, hal-hal menjadi lebih mudah untuk Anda lakukan dan Anda tidak perlu memikirkannya karena Anda melakukannya secara otomatis.

Gangguan Otak

Cedera, penyakit, dan penyakit lain yang mungkin Anda warisi dari orang tua atau kakek-nenek Anda dapat merusak otak Anda. Gangguan yang menghancurkan sel otak sangat serius karena tubuh tidak dapat menggantikan sel yang hilang.

Stroke terjadi ketika sel-sel otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup, yang diangkut ke seluruh tubuh Anda dengan darah. Jika ini terjadi, otak tidak dapat lagi bekerja di daerah yang rusak. Banyak korban stroke tidak dapat menggunakan sisi tertentu dari tubuh mereka dan, sangat sering, mereka kehilangan kemampuan untuk berbicara dengan jelas. Stroke sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau ketika arteri menjadi lebih sulit. Beberapa korban stroke meninggal, sebagian lagi sembuh.


 

Tumor otak disebabkan oleh pertumbuhan sel yang cepat. Sel-sel yang Tumbuh cepat seperti itu menghancurkan sel yang sehat. ketika mereka tumbuh mereka menciptakan tekanan dan dapat merusak area otak lainnya. kadang-kadang tumor dapat diangkat operasi atau dengan obat-obatan.

Banyak penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus juga dapat merusak otak manusia. Salah satu penyakit yang paling umum adalah meningitis, penyakit yang memengaruhi selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Terkadang otak bayi yang belum lahir tidak berkembang sebagaimana mestinya. Pada sindrom Down ada kromosom ekstra yang menyebabkan gangguan mental. Dalam kasus lain kesalahan genetik menyebabkan kerusakan otak di kemudian hari. Penyakit Huntington, misalnya, kebanyakan terjadi pada usia paruh baya. Ini menyebabkan gerakan tubuh yang tersentak-sentak.

computed tomography - scanner Penyakit Alzheimer sering terjadi setelah usia 60 tahun. Banyak korban menderita kehilangan ingatan dan mereka sering tidak dapat merawat diri mereka sendiri.


Saat ini, kedokteran modern memiliki cara dan metode untuk melihat ke dalam otak manusia. EEG (Electroncephalogram) merekam aktifitas di otak. Computed Tomography membuat gambar dengan mengirimkan banyak sinar-X melalui otak. Magnetic Resonance imaging (MRI) menggunakan magnet yang kuat untuk menunjukkan bagaimana atom di otak anda berubah.



Previous Post
Next Post

0 comments: