Sunday 9 June 2019

11 Manfaat Kesehatan Mengejutkan dari Tidur - BlogKu




Tidur membuat Anda merasa lebih baik, tetapi arti pentingnya lebih dari sekadar meningkatkan mood Anda atau menghilangkan lingkaran bawah mata.

Tidur yang cukup adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, dan dapat bermanfaat bagi jantung, berat badan, pikiran, dan banyak lagi.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang peneliti temukan tentang tidur malam yang nyenyak.

Tingkatkan memori

Pikiran Anda secara mengejutkan sibuk saat Anda tidur sebentar. Selama tidur Anda dapat memperkuat ingatan.

"Jika Anda mencoba mempelajari sesuatu, apakah itu fisik atau mental, Anda mempelajarinya sampai titik tertentu dengan latihan," kata Dr. Rapoport, yang adalah profesor di NYU Langone Medical Center. "Tapi sesuatu terjadi saat kamu tidur yang membuatmu belajar lebih baik."

Dengan kata lain jika Anda mencoba mempelajari sesuatu yang baru - apakah itu belajar bahasa atau permainan baru Anda akan tampil lebih baik setelah tidur.

Hidup lebih lama?

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan masa hidup yang lebih pendek - meskipun tidak jelas apakah itu sebab atau akibat. (Penyakit juga dapat memengaruhi pola tidur.)

Dalam sebuah studi 2010 pada wanita usia 50 hingga 79, lebih banyak kematian terjadi pada wanita yang mendapat kurang dari lima jam atau lebih dari enam setengah jam tidur per malam.

Tidur juga memengaruhi kualitas hidup.

"Banyak hal yang kita anggap remeh dipengaruhi oleh tidur," kata Raymonde Jean, MD, direktur obat tidur dan direktur asosiasi perawatan kritis di St. Luke's-Roosevelt Hospital Center di New York City. "Jika kamu tidur lebih nyenyak, kamu pasti bisa hidup lebih baik. Ini cukup jelas."

Mengurangi radang

Peradangan terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, radang sendi, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur - enam jam atau lebih sedikit malam - memiliki kadar protein inflamasi dalam darah yang lebih tinggi daripada mereka yang mendapatkan lebih banyak.

Sebuah studi 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang yang tidur enam jam atau lebih sedikit semalam.

Orang yang menderita sleep apnea atau insomnia dapat mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan dengan pengobatan gangguan tidur, kata Dr. Rapoport.

Pacu kreativitas

Selain mengonsolidasikan ingatan, atau menjadikannya lebih kuat, otak Anda tampaknya menata ulang dan menata ulangnya, yang dapat menghasilkan lebih banyak kreativitas juga.

Para peneliti di Universitas Harvard dan Boston College menemukan bahwa orang tampaknya memperkuat komponen emosional dari memori selama tidur, yang dapat membantu memacu proses kreatif.

Jadilah pemenang

Jika Anda seorang atlet, mungkin ada satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja Anda: tidur.

Sebuah studi dari Universitas Stanford menemukan bahwa para pemain sepak bola perguruan tinggi yang mencoba tidur setidaknya 10 jam setiap malam selama tujuh hingga delapan minggu meningkatkan waktu lari rata-rata mereka dan memiliki lebih sedikit kelelahan di siang hari dan lebih banyak stamina.

Hasil penelitian ini mencerminkan temuan sebelumnya yang terlihat pada pemain tenis dan perenang.

Tingkatkan nilaimu

Anak-anak antara usia 10 dan 16 tahun yang mengalami gangguan pernapasan tidur, yang meliputi mendengkur, sleep apnea, dan jenis-jenis pernapasan yang terganggu saat tidur lainnya, lebih cenderung memiliki masalah dengan perhatian dan pembelajaran, menurut sebuah studi pada 2010 di jurnal Sleep . Ini dapat mengarah pada "gangguan fungsional yang signifikan di sekolah," catat para penulis penelitian.

Dalam studi lain, mahasiswa yang tidak cukup tidur memiliki nilai lebih buruk daripada mereka yang melakukannya.

"Jika Anda berusaha memenuhi tenggat waktu, Anda bersedia mengorbankan tidur," kata Dr. Rapoport, "tetapi kurang tidur yang parah dan berulang yang jelas-jelas mengganggu pembelajaran."

Pertajam perhatian

Kurang tidur dapat menyebabkan gejala seperti ADHD pada anak-anak, kata Dr. Rapoport.

"Anak-anak tidak bereaksi dengan cara yang sama seperti kurang tidur seperti orang dewasa," tambahnya. "Kalau orang dewasa mengantuk, anak-anak cenderung menjadi hiperaktif."

Sebuah studi tahun 2009 dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak usia tujuh dan delapan yang tidur kurang dari delapan jam semalam lebih cenderung hiperaktif, lalai, dan impulsif.

"Kami mendiagnosis dan mengukur tidur dengan mengukur perubahan listrik di otak," kata Dr. Rapoport. "Jadi tidak mengherankan bagaimana kita tidur memengaruhi otak."

Memiliki berat badan yang sehat

Jika Anda berpikir untuk melakukan diet, Anda mungkin ingin merencanakan waktu tidur sebelumnya juga.

Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa para pelaku diet yang cukup istirahat kehilangan lebih banyak lemak - 56% dari penurunan berat badan mereka - dibandingkan mereka yang kurang tidur, yang kehilangan lebih banyak massa otot. (Mereka menumpahkan jumlah yang sama dari total berat terlepas dari tidur.)

Diet dalam penelitian ini juga merasa lebih lapar ketika mereka kurang tidur.

"Tidur dan metabolisme dikendalikan oleh sektor otak yang sama," kata Dr. Rapoport. "Ketika Anda mengantuk, hormon-hormon tertentu naik dalam darah Anda, dan hormon-hormon yang sama mendorong nafsu makan."

Menurunkan stres

Ketika sampai pada masalah kesehatan, stres dan tidur kita hampir sama dan keduanya dapat memengaruhi kesehatan kardiovaskular.

"Tidur pasti dapat mengurangi tingkat stres, dan dengan itu orang dapat memiliki kontrol yang lebih baik terhadap tekanan darah mereka," kata Dr. Jean. "Juga diyakini bahwa tidur memengaruhi kadar kolesterol, yang memainkan peran penting dalam penyakit jantung."

Hindari kecelakaan

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional melaporkan pada tahun 2009 bahwa menjadi lelah merupakan jumlah kecelakaan mobil tunggal terburuk yang terjadi di jalan raya karena kinerja pengemudi - bahkan lebih dari alkohol!

"Kantuk terlalu diremehkan sebagai masalah oleh kebanyakan orang, tetapi biaya untuk masyarakat sangat besar," kata Dr. Rapoport. "Kurang tidur mempengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan."

Kurang tidur hanya untuk satu malam dapat merusak kemampuan mengemudi Anda seperti memiliki minuman beralkohol.

Hindari depresi

Tidur nyenyak lebih berarti bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan daripada sekadar menghindari lekas marah.

"Kurang tidur dapat menyebabkan depresi," kata Dr. Jean. "Tidur nyenyak dapat benar-benar membantu orang yang moody mengurangi kecemasan mereka. Anda mendapatkan stabilitas emosional yang lebih dengan tidur yang baik."

Jika Anda berpikir bahwa jam kerja yang panjang selama seminggu adalah penyebab kecemasan atau ketidaksabaran Anda, Dr. Rapoport memperingatkan bahwa tidur tidak harus dilakukan pada akhir pekan.

"Jika Anda tidur lebih banyak di akhir pekan, Anda tidak cukup tidur di minggu itu," katanya. "Ini semua tentang menemukan keseimbangan.
Previous Post
Next Post

0 comments: