Monday 6 May 2019

Beberapa Kelebihan Puasa dari Segi Kesehatan - BlogKu



Beberapa Kelebihan Puasa dari Segi Kesehatan


Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam yang dilaksanakan sekali dalam setahun selama sebulan pada Bulan Ramadan. Puasa sendiri adalah menahan diri dari makanan dan minuman serta hal-hal lain yang membatalkannya. Waktu pelaksanaannya dimulai ketika fajar Subuh terbit dan berakhir saat matahari terbenam. Lalu apakah puasa itu hanya sekadar menahan dari segala yang membatalkan saja? Ternyata tidak, di balik itu semua ada mu’jizat dan manfaat yang begitu luar biasa. Baik untuk kualitas iman atau kesehatan tubuh. Berpuasalah niscaya kamu menjadi sehat ‘Al-hadis’.

Untuk kesehatan tubuh telah dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Sehingga puasa dan manfaatnya memang bisa dijelaskan dari sudut pandang medis. Memang bagi sebagian orang menahan lapar itu suatu hal yang memberatkan, apalagi bagi orang yang masih harus bekerja berat sepanjang hari. Semoga informasi berikut ini bisa menambah keyakinan kita bahwa Allah tidak memerintahkan sesuatu ibadah kecuali ada manfaat di baliknya. Lalu seperti apa puasa jika dilihat dari sisi kesehatan? Simak informasi di bawah ini.

1. Baik Untuk Darah
Kondisi lapar karena kekurangan gizi sangat berbeda dengan lapar karena puasa. Kekurangan asupan gizi membuat perubahan sistem metabolisme sehingga jika dibiarkan dalam beberapa hari nyawa bisa terancam. Berbeda ketika kamu puasa, malah yang terjadi adalah sebaliknya ada keseimbangan dalam mekanisme metabolisme termasuk juga peredaran darah. Ketika puasa asam amino dalam tubuh akan teroksidasi dan tidak ada peningkatan produksi zat Keton dalam tubuh sehingga tidak akan terjadi pengasaman darah.

2. Baik Untuk Pencernaan
Dengan puasa itu artinya kamu sudah melakukan langkah untuk mengistirahatkan organ-organ dalam tubuh. Salah satunya adalah organ pencernaan. Waktu selama satu bulan cukup untuk tubuh melakukan perbaikan termasuk juga mengeluarkan racun yang bersarang di organ pencernaan. Asam pada lambung juga cenderung menurun pada saat puasa. Namun tetap saja agar puasamu lancar kamu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat buka dan sahur.

3. Menurunkan Glukosa
Sebuah studi mengungkapkan fakta bahwa puasa bisa menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Ini asupan makanan saat puasa juga berkurang. Penurunan kadar gula darah dalam tubuh ternyata juga dipengaruhi oleh pola makan dan respon tubuh terhadap rasa lapar secara biokimia. Efek lain yang ditimbulkan selama puasa di Bulan Ramadan adalah turunnya berat badan seiring dengan menurunnya glukosa dalam tubuh.

4. Menyehatkan Jantung
Serangan pada jantung saat menjadi penyakit yang menghantui banyak orang, tak terkecuali di Indonesia. Untuk mencegahnya ternyata bisa dengan berpuasa. Durasi selama satu bulan untuk puasa saat Ramadan membuat kondisi jantung dan sirkulasi darah membaik. Tubuh orang yang berpuasa cenderung meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Proses ini terbukti mendatangkan manfaat untuk kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat puasa dari sisi kesehatan, disamping dengan berpuasa kita menjadi sehat, sekaligus mengumpulkan amal dan pahala yang banyak.
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. Artikel yg cerdas Dan bermanfaat, terutama yg no.2. Emg bener organ pencernaan Kita jadi istirahat lebih lama dari Hari biasa. Cuma, Kalo malemnya makan 3x semalam sama aja 😂

    ReplyDelete
  2. hahaha itu mah tergantung selera gan..makasih ya udah mampir

    ReplyDelete