Friday 15 March 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala - BlogKu



Sakit kepala adalah rasa sakit di kepala yang dirasakan hampir semua orang pada satu waktu atau yang lain. Hampir setengah dari semua orang mengalami sakit kepala setidaknya setahun sekali. Kebanyakan sakit kepala tidak berbahaya tetapi mengganggu pekerjaan kita  dan mengganggu hidup kita.
 
Jenis Sakit Kepala

Ada dua jenis sakit kepala utama - sakit kepala tegang dan migrain.
Sakit kepala tegang menyebabkan sakit ringan hingga kuat di kepala. Banyak orang menggambarkan sakit kepala seperti itu sebagai perasaan menegang. Beberapa sakit kepala menyebabkan nyeri tumpul yang bisa berlangsung berjam-jam. Sakit kepala terjadi di mana saja dari depan ke belakang kepala kita. kadang juga orang merasakan sakit yang menusuk dan berdenyut-denyut di kepala mereka.

Sekitar 20% dari semua sakit kepala adalah migrain. Migrain adalah sakit kepala yang kuat yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Mereka bisa bertahan selama beberapa hari. Tanda-tanda peringatan seperti mual, muntah dan melihat kilatan cahaya kadang-kadang terjadi sesaat sebelum serangan migrain. Peringatan sebelumnya disebut aura. Migrain sering diturunkan kepada kita dari orang tua dan kakek-nenek kita.

Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala adalah kelainan pada sistem saraf. Meskipun penyebab pasti sakit kepala tidak jelas tapi sebagian besar disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah yang dikombinasikan dengan bahan kimia bebas di sekitarnya dan saraf mengirim pesan rasa sakit ke otak kita.

 Ada banyak faktor yang bisa memicu sakit kepala. Inilah beberapa di antaranya:
  > Kurang tidur
  > kurang cairan
  > Stress
  > Nonton TV atau menghadap layar komputer dalam waktu yang lama
  > Merokok
  > Alkohol
  > Kopi, Teh, dan Makanan Tertentu lainnya

Kadang sakit kepala dapat disebabkan oleh cedera dan infeksi. Faktor-faktor emosional seperti depresi, kesedihan, takut akan sesuatu juga dapat menyebabkan rasa sakit di kepala.
                                                                                                        
Cara Mengatasi Sakit Kepala

Penghilang rasa sakit dan obat-obatan lain sering digunakan untuk memerangi sakit kepala. Banyak orang minum macam-macam obat sakit kepala ketika sakit kepala. Dokter juga menyarankan bahwa pasien harus rileks ketika mereka mengalami sakit kepala. Dalam beberapa kasus, mengubah pola makan kita bisa menghilangkan rasa sakit dan menurunkan sakit kepala.

Bagaimanapun, kita harus berolahraga secara teratur dan mendapatkan banyak udara segar. Ini mungkin tidak membuat sakit kepala hilang sepenuhnya tetapi ini bisa membantu kita merasa lebih baik.
Previous Post
Next Post

0 comments: